Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal

Post On: 20 December 2016
By:
December 20, 2016

Jika sekarang ini Anda memiliki kista ginjal, maka Anda harus mengambil perawatan aktif untuk mengecilkan kista tersebut. Dalam hal ini, rencana diet yang sehat dapat mendukung terapi pengobatan untuk memperbaiki kondisi pasien. Dengan demikian, Anda perlu mengetahui apa saja makanan untuk penderita kista ginjal yang harus dimakan dan tidak harus dimakan.

Namun sebelum mengetahui makanan untuk penderita kista ginjal, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa kista ginjal itu beserta penyebab dan gejalanya.

Kista Ginjal

Kista Ginjal

Kista Ginjal

Sebuah kista ginjal merupakan pembengkakan yang berisikan cairan encer dan terbentuk pada salah satu atau kedua ginjal.

kista ginjal berbentuk bulat, memiliki tipis, dinding yang jelas dan berbagai ukuran dari mikroskopis untuk sekitar 5 cm.

Kista ini dapat dikaitkan dengan kondisi serius yang menyebabkan kerusakan fungsi ginjal, tetapi biasanya mereka adalah apa yang disebut kista ginjal sederhana, yang tidak cenderung menyebabkan komplikasi.

Karena gejala jarang terjadi, seseorang tidak akan biasanya tahu mereka memiliki kista ginjal dan sering terdeteksi oleh kecelakaan, ketika scan atau tes untuk sesuatu yang lain dilakukan. kista ginjal sederhana lebih mungkin untuk mengembangkan sebagai orang usia. Sekitar seperempat dari orang yang mengembangkan kista ini 40 tahun atau lebih dan sekitar setengah 50 tahun atau lebih.

Sebuah kista ginjal kompleks adalah kista yang memiliki bentuk yang lebih teratur atau dinding tebal dari kista sederhana. Umumnya, lebih besar dan lebih kompleks kista adalah, semakin besar risiko itu berubah menjadi kanker. kista kompleks karena itu hati-hati dipantau dan dihapus, jika diperlukan.

Penyebab

Ginjal terdiri dari pembuluh darah kecil yang mengangkut darah ke sekitar satu juta tabung penyaringan disebut sebagai nefron. Sebuah kista muncul ketika salah satu tabung ini mengembang, tetapi alasan yang tepat tabung mengembang belum diketahui.

Gejala

Meskipun kista ginjal biasanya tidak menimbulkan gejala, beberapa dapat menyebabkan nyeri tumpul di punggung atau perut bagian atas jika mereka tumbuh cukup besar.

Kadang-kadang, mereka menjadi terinfeksi, dalam hal seseorang dapat mengembangkan demam, serta penderitaan dari rasa sakit dan nyeri.

Mereka juga dapat menyebabkan sakit parah di bagian belakang atau samping jika mereka meledak. Sebuah kista yang menghalangi aliran normal urin dapat menyebabkan ginjal membengkak, yang disebut sebagai hidronefrosis.

Baca juga :

Penanganan Kista Ginjal

Obat Kista Ginjal Alami

Menu Sehat Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal

Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal

Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal

Natrium rendah dan protein rendah adalah dua diet persyaratan dasar untuk pasien kista ginjal. Dari titik ini, pasien dianjurkan untuk mencoba makanan :

  • Sayuran dan buah-buahan

    Kebanyakan sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin yang kaya dan antioksidan tetapi sedikit natrium dan protein, sehingga pasien dengan kista ginjal yang besar lebih baik makan lebih banyak makanan ini. Misalnya, cranberry atau jus cranberry dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih, salah satu komplikasi umum dari kista ginjal.

  • Soybean ( kacang kedelai )

    Beberapa laporan mengklaim bahwa kedelai dapat membantu memperlambat pertumbuhan kista ginjal sampai batas tertentu, sehingga merupakan salah satu pilihan yang baik untuk makan jumlah yang benar dari kacang kedelai.

  • Jagung sutra

    Jagung sutra dapat dikonsumsi sebagai teh herbal, dan dapat membantu mengeringkan cairan kantung dan mengecilkan kista ginjal.

Menu Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kista Ginjal

Dalam kehidupan kita sehari-hari, ada beberapa makanan yang dapat memperburuk kondisi penyakit pasien atau mempercepat laju pertumbuhan kista ginjal. Makanan tersebut diantaranya:

  • Makanan asin

    Makanan ini dapat menyebabkan beberapa gejala penyakit ginjal seperti tekanan darah tinggi dan pembengkakan, ketika kista ginjal mempengaruhi fungsi ginjal.

  • Minuman dan makanan yang berkafein

    Kafein merupakan salah satu faktor risiko untuk mendorong pembesaran kista, sehingga pasien kista ginjal sebaiknya menghindari kopi, cola dan makanan yang mengandung kafein.

  • Makanan tinggi protein

    Asupan protein dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat ginjal bekerja lebih keras lagi dan memperburuk kondisi penyakit pasien. Contoh makanan kaya protein seperti telur, daging, ikan, ayam, susu, krim, keju, dan yogurt

Itulah makanan untuk penderita kista ginjal yang sehat dan tidak sehat dikonsumsi oleh pasien kista. Semoga bermanfaat.

Tags: , , , ,

Related to Makanan Untuk Penderita Kista Ginjal