Kenali Jenis Kista Ovarium Dan Penyebabnya

Jenis Kista Ovarium – Ovarium adalah bagian dari sistem reproduksi wanita. Mereka terletak di perut bawah di kedua sisi rahim wanita. Perempuan mempunyai dua ovarium yang memproduksi telur, serta hormon estrogen dan progesteron.

Jenis Kista Ovarium

Jenis Kista Ovarium

Terkadang, sebuah kantung berisi cairan yang disebut kista akan mengembangkan di salah satu ovarium wanita. Banyak sekali wanita yang mengembangkan setidaknya satu kista selama masa hidup mereka. Dalam beberapa kasus, kista tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gejala. Namun kista ovarium yang terutama yang pecah,  kadang-kadang menimbulkan gejala yang cukup serius.

Jenis Kista Ovarium

Ada beberapa jenis kista ovarium, seperti kista endometrioma dan kista dermoid. Namun, kista fungsional merupakan salah satu jenis yang paling umum.Kista fungsional ini memiliki 2 jenis termasuk kista folikel dan korpus luteum.

  • Kista folikel

    Ketika wanita menstruasi, telur akan tumbuh dalam kantung yang disebut folikel. Letak kantung ini di dalam ovarium wanita. Pada sebagian kasus, sel terulur ‘meledak’ dari folikel atau kantung dalam ovarium dan mengalir ke arah vagina untuk mencari sperma dan melakukan pembuahan. Namun jika tidak ada ledakan, folikel yang tidak pecah akan berubah menjadi kista.

  • Kista Korpus Leuteum

    Setelah folikel berhasil melepaskan sel telur, maka pecahannya akan mulai memproduksi hormon estrogen dan progesteron dalam persiapan untuk pembuahan. Proses ini dikenal dengan korpus leuteum. Namun kadang-kadang ada sisa ciran sel telur yang pecah akan tetap tinggal dalam folikel dan dapat menimbulkan kista.

Jenis Lain Dari Kista Ovarium

  • Kista Endometrioma

    Kista ini berkembang akibat dari endometriosis, yang merupakan suatu masalah di mana sel endometrium pada rahim tumbuh di luar rahim wanita. Perlu diketahui jika beberapa jaringan yang menempel pada ovarium dapat memunculkan tumbuhnya kista.

  • Kista Dermoid

    Kista yang berisi jaringan seperti rambut, gigi, kulit, karena terbentuk dari sel-sel yang menghasilkan telur manusia. Memiliki sifat yang cukup jinak dan tidak memicu pada kanker.

  • Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

    Kemunculannya diakibatkan karena ketidakseimbangan hormon, wanita yang memiliki PCOS beresiko terkena kista.

  • Cystadenomas

    Kista ini berkembang dari jaringan ovarium dan di dalamnya berisi cairan yang encer atau lendir.

Beberapa wanita mengalami kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik. Kondisi ini berarti ovarium mengandung sejumlah kista kecil. Hal ini dapat menyebabkan ovarium menjadi membesar, dan jika tidak diobati dapat menyebabkan kemandulan.

Demikian adalah ulasan singkat mengenai jenis kista ovarium dan penyebabnya. Sebelum Anda mengalami penyakit kista ovarium, alangkah baiknya jika anda mencegah penyakit ini dengan melakukan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Apabila  Anda sudah menderita kista segera obati dengan obat kista yang alami dan aman, yaitu dengan obat kista ace maxs yang mampu menyembuhkan dan mengobati kista dengan tuntas tanpa tumbuh kembali. Untuk informasi lengkapnya silahkan Klik Disini atau hubungi kami di 0819 1279 2273.

Author: admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *