Inilah Fakta Tentang Kista Ovarium

Fakta Tentang Kista Ovarium

Fakta Tentang Kista Ovarium

Fakta Tentang Kista Ovarium

Berbicara tentang penyakit kista ovarium yang umum diderita oleh kaum wanita ini merupakan penyakit yang menyerang organ wanita yang berbentuk seperti benjolan berisikan cairan atau juga bisa berisi udara. Dan hampir seluruh dari wanita di dunia ini pernah mengalami kista jadi ketahui fakta tentang kista ovarium berikut ini:

Kista berasal?

Pada dasarnya tubuh Anda telah muncul kista secara alami. Tetapi jika Anda tidak melepaskan folikel telur, maka folikel akan tumbuh dan berkembang menjadi kista ovarium. Atau, Anda akan menderita kondisi kista luteum (lutea adalah bentuk folikel terbentuk setelah dekomposisi dan melepaskan sel telur). Jenis kista yang dapat menyebabkan perdarahan dan nyeri panggul. Biasanya, jenis kista leuteum akan menghilang dalam beberapa minggu dan ukuran yang relatif kecil (1-2mm), tetapi juga kista dapat memblokir lebih besar, beberapa sentimeter.

Bagaimana untuk mengetahui apakah Anda memiliki kista ovarium atau tidak?

Biasanya, Anda tidak akan pernah tahu. Karena kista ovarium biasanya tidak menimbulkan gejala apapun, dan dalam sebagian besar kasus, tumor akan hilang. kista ovarium tidak menimbulkan gejala atau perubahan siklus menstruasi, meskipun Anda dapat jika Anda perdarahan luteum kista.

Jadi Bagaimana cara untuk mendeteksi kista ovarium?

Kista ovarium sering dideteksi melalui pemeriksaan rutin. Dokter akan mendapatkan hasilnya setelah pemeriksaan panggul atau USG . Namun jika ditemukan tumor kistik maka beberapa wanita akan merasakan gejala seperti nyeri di panggul atau perut bagian bawah.

Gejala kista ovarium yang saya harus tahu?

Ada banyak gejala serius kista ovarium, seperti demam, mual dan muntah. Frekuensi buang ari kecil yang seing dan nyeri saat buang air kecil. Selain itu siklus menstruasi menjadi berubah serta sakit pada payudara seperti disaat sedang hamil. Itu Semua tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda terinfeksi. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, Anda harus segara memberitahu dokter Anda karena ini bisa menjadi lebih serius lagi jika tidak segera ditangani.

Dokter mendiagnosa tumor kistik seperti?

Biasanya, dokter akan menentukan setelah melakukan cara biasa atau dengan USG pemeriksaan vagina. gambar tumor kistik akan terlihat melalui layar. Dokter juga dapat memutuskan kapan operasi harus dilakukan.

Jadi kapan saya perlu operasi?

Anda akan perlu untuk melakukan operasi jika Anda berada pada risiko pelengkap bengkok. Dokter Anda akan mempertimbangkan rencana untuk operasi jika tumor ada selama lebih dari 3 siklus menstruasi, ukuran tumor lebih dari 10cm, atau jika itu melanoma. Jika Anda memerlukan pembedahan, Anda mungkin laparoskopi atau terbuka operasi, namun, dua kasus akan hampir dibius.

Sindrom ovarium polikistik adalah apa?

Sekitar 7% wanita akan menderita gangguan hormonal ini, menurut sebuah studi pada tahun 2004 di Clinical Endocrinology & Metabolism Journal. Orang dengan kondisi ini akan mengembangkan tumor ovarium. Situasi ini akan menyebabkan siklus haid tidak teratur, kesulitan hamil dan gejala lain (penyebabnya adalah karena kadar hormon laki-laki meningkat). Tapi Anda harus ingat bahwa ini adalah gangguan hormonal, dan kondisi ini tidak akan berlangsung seumur hidup.

Dan apakah ada kista ovarium menopause lagi?

Mayoritas kasus ini, tumor biasanya tumbuh folikel pada wanita selama menopause. Namun, Anda masih dapat menderita kondisi ini ketika Anda mendapatkan lebih tua, terutama pada tahun-tahun awal setelah menopause.

Bahkan, sebuah penelitian di American Journal of Obstetrics & Gynecology 2010 menyimpulkan bahwa kista ovarium relatif umum pada orang tua. Menurut penelitian, setelah melihat hasil USG dari hampir 16.000 wanita di atas 55 tahun, sekitar 14% dari wanita dengan tumor kistik. Sekitar 1/3 dari ini adalah tumor kistik menghilang di tahun depan. Oleh karena itu, kista ovarium setelah menopause adalah sepenuhnya mungkin.

Kista ovarium dapat berkembang menjadi kanker?

Ya, tapi dengan tingkat yang sangat rendah. Dan juga jenis kanker lainnya, risiko kanker Anda akan meningkat dengan usia. Setiap tahun, sekitar 21.000 wanita didiagnosis dengan kanker ovarium setiap tahun. Kanker ovarium adalah jenis yang fatal kanker menempati urutan kelima pada wanita. Dokter mungkin melakukan USG untuk menentukan apakah tumor Anda adalah kanker atau tidak. Bahkan, USG tidak dapat secara akurat mengidentifikasi tumor kanker, tetapi dapat membantu dokter menentukan apakah tumor Anda berisi cairan (kista) atau benjolan keras (yang mungkin kanker).

Itulah fakta tentang kista ovarium. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Pengobatan Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Operasi

Makanan Penghancur Kista Ovarium

Cara Mencegah Kista Ovarium

Author: admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *